Senin, 15 Oktober 2012

Bubuk Kulit Buah Manggis Instan

Kulit buah manggis mengandung beberapa senyawa yang sangat bermanfaat untuk kesehatan.  Di luar negeri kulit buah manggis sudah dibuat kapsul yang digunakan untuk suplemen diet, antioksidan, dan antikanker. Manggis, selain rasa buahnya yang enak, kulitnya pun dapat dimanfaatkan sebagai bahan tambahan pada pembuatan minuman instan, food supplement, obat-obatan herbal, kosmetik atau pengawet maupun pewarna makanan.
Bubuk (powder) kulit buah manggis (KBM) instan dibuat dengan menggunakan teknik pengeringan semprot (spray drying) dari bahan baku kulit manggis kering yang ditepungkan.
Tahapan proses pembuatannya mulai pembuatan tepung kulit manggis, ekstrak kulit manggis kering, pelarutan dengan air atau alkohol, pengeringan dengan teknik semprot, hingga menghasilkan KBM instan.
KBM memiliki sifat mudah larut dalam air, bertekstur halus, dan mengandung antioksidan berupa antosianin minimal 1,13 mg/g, total fenol 8,49 mg/g, kapasitas antioksidan 428,72 mg/g AEAC (Aerobic acid Equivalent Antioxidant Capacity, dan xanthone (alpha mangostin) 0,59 mg/g.
KBM ini sangat potensial untuk dikembangkan oleh industri minuman herbal dan kosmetik herbal.
Sumber : Balai Besar Penelitian dan Pengembangan Pasca Panen Pertanian

Tidak ada komentar:

Posting Komentar