Senin, 15 Oktober 2012

Teknologi Pengolahan Susu

Pengolahan SusuPenanganan serta pengolahan susu yang tepat dapat memberikan nilai tambah secara optimal bagi para peternak sapi perah. Mempertimbangkan strategisnya komoditas susu diperlukan acuan terkait dengan pengembangan, penanganan dan pengolahan susu secara nasional. Hal itu disebabkan karena susu merupakan komoditas penting yang strategis baik dari aspek nilai gizi untuk memenuhi kebutuhan masyarakat maupun memiliki nilai ekonomi untuk peningkatan kesejahteraan peternak.
Informasi tentang Teknologi Pengolahan Susu memberikan secercah bahasan terkait dengan penanganan dan pengolahan susu untuk memperoleh manfaat yang optimal dari pengelolaan susu. Berbagai produk dapat dihasilkan dengan menggunakan bahan baku susu. Informasi  ini mengetengahkan berbagai teknologi pengolahan seperti : cara pembuatan susu ferementasi, susu pasteurisasi, susu sterilisasi, mentega, karamel susu, es krim serta pembuatan tahu susu.
Teknologi pengolahan dari Balai Besar Penelitian dan Pengembangan Pascapanen Pertanian ini diharapkan dapat menjadi acuan untuk mengembangkan berbagai produk olahan susu sebagai alternatif dalam meningkatkan pendapatan peternak.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar