Senin, 15 Oktober 2012

Parak Kopi, Hasilkan Keturunan Seedless dan Berbuah di Luar Musim

Parak Kopi merupakan salah satu varietas durian yang sangat terkenal dan melegenda khususnya di Nagari Aripan, Kabupaten Solok, Sumatera Barat. Durian ini berbentuk buah bulat telur, berdaging tebal, rasa manis legit dan bertekstur daging yang pulen.
Meski ukurannya tidak besar, tetapi harganya bisa mencapai tiga kali harga durian lain yang berukuran cukup besar. Apalagi, durian Parak Kopi ini juga sering berbuah diluar musim (off season). Pohon yang diwarisi secara turun temurun ini telah berumur lebih dari 100 tahun dengan diameter batang mencapai ±120 cm.
Sejak lama telah banyak masyarakat yang menanam biji durian Parak Kopi untuk memperoleh keturunannya. Walaupun sulit untuk mendapatkan keturunan yang berkarakter seperti induknya, penanaman dengan biji ternyata justru berpeluang untuk mendapatkan keturunan yang lebih unggul.
Melalui penelusuran dan pengamatan yang dilakukan Balitbu Tropika, telah ditemukan lima keturunan durian Parak Kopi yakni Parak Kopi, PKT 1-1, PKT 2-1, PKT 2-2, PKT 2-3, PKT 3-4 yang umumnya memiliki sifat unggul  diantaranya berdaging tebal, berbiji kempes (seedless), warna daging kuning, tekstur daging pulen dan berpotensi untuk berbuah di luar musim.
Sumber: Balai Penelitian Tanaman Buah Tropika

Tidak ada komentar:

Posting Komentar