Minggu, 14 Oktober 2012

Diperah Sambil Mendengarkan Musik


fajar-taurus1Sapi-sapi di Fajar Taurus Farm seakan memiliki intelegensia yang tidak dimiliki sapi-sapi di peternakan lainnya. Saat me­reka memasuki tempat pemerahan, me­reka berbaris rapi untuk memasuki mesin pemerah susu otomatis. Pun setelah dilakukan pemerahan, mereka antri untuk keluar dari sekat pemerahan dengan ter­atur.
Sapi dibuat rileks dengan mendengarkan musik saat diperah secara mekanis.
Perawatan untuk sapi menggunakan be­ding system.

Selama dilakukan pemerahan, terdengar alunan musik relaksasi yang sengaja diputar. “Pemutaran musik ini sengaja dilakukan untuk menenangkan kondisi psikologi sapi saat diperah,” ungkap Amung memberikan informasi. Selain bertujuan menenangkan kondisi psikologi sapi, Amung juga meyakini dengan pemutaran musik saat pemerahan, sapi menjadi lebih pintar dibandingkan dengan sapi-sapi lainnya. “Mereka seakan mengembangkan otaknya dalam menerima perintah dari manusia,” sambungnya.
fajar-taurus2Fajar Taurus Farm juga menerapkan sistem yang berbeda untuk perawatan sapi. “Kami menggunakan beding system dalam merawat sapi-sapi di peternakan kami. Polanya sebenarnya sederhana, sapi-sapi tersebut sengaja dibuat bebas bergerak tanpa penyekat. Hal ini dilakukan agar sapi lebih bebas bergerak dan kebersihannya terjaga. Hanya saja, pada saat makan mereka diarahkan dengan safe locking. “Tujuannya, mereka mendapatkan porsi makan yang cukup tanpa terjadi saling serobot.” Mekanisasi juga dilakukan saat pengolahan pakan. Rumput-rumput yang dijadikan pakan sudah mengalami proses mekanisasi dalam pengolahannya melalui mesin pencacah rumput.
Modernisasi yang dilakukan oleh Fajar Taurus Farm semata-mata dilakukan untuk meningkatkan kualitas susu yang diproduksi. “Sejak awal kami menerapkan swasembada sapi. Kami menernakkan bi­bit, membuat pakan, dan mengolah susu secara mandiri.” Saat ini, Fajar Taurus Farm memiliki populasi sapi perah sekitar 350 sapi. Per hari, peternakan ini mampu memproduksi susu sekitar 4.000 liter. Hasil produksi susu kelak dikirim ke daerah Cijantung Jakarta Timur untuk diolah menjadi soft and fresh cheese dengan aneka rasa, yoghurt dan olahan lainnya.bangkittani.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar